1. Teknologi informasi
dapat dikatakan sebagai ilmu yang diperlukan untuk mengolah informasi agar
informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat. Dengan kata lain
teknologi informasi adalah serangkaian tahapan penanganan informasi, yang
meliputi penciptaan informasi, pemeliharaan saluran informasi, seleksi dan
transmisi informasi, penerimaan informasi secara selektif, penyimpanan dan
penelusuran informasi, dan penggunaan informasi (Darmawan: 2013)
Manfaat teknologi informasi
dalam profesi yang saya yaitu dalam dunia pendidikan. Seperti penemuan alat
tulis, kertas,mesin cetak atau printer, projector, komputer dan lain
sebagainya. Pada hakikatnya alat-alat tersebut tidak dibuat khusus untuk
keperluan dunia pendidikan saja, akan tetapi alat-alat tersebut bisa
dimanfaatkan dalam proses pendidikan, bahkan dapat meningkatkan efektivitas dan
efisiensi pelaksanaan proses pendidikan.
Teknologi pendidikan
dalam arti teknologi alat, lebih menekankan pada penggunaan alat-alat
teknologis untuk menunjang efektivitas dan efisiensi pendidikan. Contoh model
pengajaran yang menggunakan teknologi alat, diantaranya pengajaran dengan
bantuan film dan video, pengajaran dengan berprograma, mesin pengajaran,
pengakaran modul, dan pengajaran dengan bantuan komputer. Berikut ini adalah
salah satu contoh teknologi yang membantu pembelajaran dalam pembelajaran model
tutorial seperti membuat logo sederhana yang ditampilkan lewat video seperti
link ini:https://www.youtube.com/watch?v=RI-WN-hOcOg&t=2s. Model pembelajaran ini mempermudah guru dalam
menyampaikan teknis supaya tidak mengulang berkali-kali selanjutnya mempermudah
siswa jika ada teknis yang terlewatkan, yaitu dengan cara mengulang video
sesuai keinginan.
Adapun dampak negatif
dalam perkembangan teknologi informasi khususnya dalam pemanfaatan internet salah
satu contohnya pada Sebuah berita di harian Surabaya Pagi memberitakan bahwa di
warnet buka situs porno (www.surabayapagi.com). Berita itu didukung oleh
beberapa berita lain misalnya, di bulan April 2013 lalu Polisi menangkap 12
remaja yang kedapatan beradegan porno di sebuah warnet di Ponorogo
(http://surabaya.okezone.com/). Demikian juga di bulan Nopember 2013 yang lalu,
Polisi menangkap seorang ibu rumah tangga yang melakukan beberapa kali
pencabulan kepada sejumlah anak di Surabaya, dan hal itu dilakukan di
warnet-warnet (http://www.sayangi.com/).
Beberapa point dampak
negatif internet, yaitu : a) berkurangnya sifat sosial, b) merubah pola
interaksi sosial; c) kecenderungan berbuat kejahatan; d) kecanduan hal-hal
negatif dari internet.
2.Komponen-komponen
komputer
Sebagai suatu sistem,
cara kerja komputer dimulai oleh adanya input-proses-output. Adapun untuk
melaksanakan tata kerja itu diperlukan 3 unsur pelaksana yang terdiri dari:
a. Perangkat keras (Hardware)
Hardware
merupakan perangkat keras yang dapt digunakan untuk mengumpulkan,memasukkan,
memproses, menyimpan, dan mengeluarkan hasil pengolahan data dalam bentuk
informasi. Hardware adalah segala peralatan komputer yang dapat dilihat dan
dipegang (bersifat fisik), yang terdiri dari perangkat input, perangkat proses,
perangkat output, dan perangkat komunikasi. Berikut beberapa bagiannya:
(1).
Peralatan Input
Peralatan
input atau masukan adalah alat-alat yang dapat digunakan untuk memasukkan data
kedalam komputer. Beberapa contoh peralatan yang dapat digunakan untuk
memasukkan data, seperti untuk memasukkan data berbentuk teks atau berbentuk
image (gambar), suara, video dan penunjuk. Alat-alat ini umunya baru dapat
bekerja kalau ada driver yang bentuknya terpisah dalam motherboard. Beberapa peralatan
masukan diantaranya adalah:
(a) Keyboard;
Keyboard adalah media input yang
merupakan sarana pendukung utama untuk dapat menampilkan huruf, angka dan
lain-lain.
(b) Digital
Camera;
Merupakan alat yang dapat digunakan
untuk menyimpan data gambar. Kamera digital ini berbeda dengan kamera
konvensional. Kamera konvensional adalah kamera yang menggunakan klise.
(c) Mouse;
Merupakan alat yang dapat digunakan
sebagai pointer. Mouse dapat digunakan untuk mempercepat pemindahan lokasi
kursor dibandingkan bila menggunakan keyboard.
(d) Kamera
Video;
Digunakan untuk menyimpan data gambar
yang dapat bergerak dan beruara.
(e) Scanner;
Merupakan alat yang dapat digunakan
untuk memasukkan data dalam bentuk image (gambar). Perkembangan teknologi saat
ini muncul software yang dapat mengubah hasil scanner teks yang memiliki format
gambar ke dalam teks dengan format word processor.
(2).
Peralatan Proses
Di
dalam komputer terdapat dua bagian perangkat pemroses, yaitu: CPU (central
processing unit) dan main memori. Processor merupakan otak atau jantungnya
sistem komputer.
(3).
Peralatan Output
Merupakan
peralatan-peralatan yang digunakan untuk mengeluarkan informasi hasil
pengolahan data. Beberapa peralatan output yang digunakan, diantaranya adalah:
(a) Layar/
Monitor
Berfungsi sebagai alat keluaran saja, karena monitor hanya digunakan untuk
menampilkan pesan dan data hasil pengolahan.
(b) Printer
Sebagai alat keluaran cetakan saja,
karena printer hanya digunakan untuk menerima data dari komputer.
(c) Speaker
Merupakan alat yang digunakan untuk
mengeluarkan hasil pengolahan data atau informasi dalam bentuk suara.
b. Perangkat lunak (Sotfware)
Software
adalah kumpulan program yang digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu pada
komputer, sedangkan program merupakan kumpulan perintah komputer yang tersusun
secara sistematis. Ada beberapa kelompok dalam software, sebagai berikut:
(1) Sistem
Operasi
Untuk mengendalikan hubungan antara
komponen-komponen yang terpasang dalam suatu sistem komputer, misalnya antara
keyboard dengan CPU, dengan layar monitor, dan lain-lain. Beberapa ini adalah
contoh sistem operasi:
(2) Aplikasi
Merupakan software jadi yang siap
digunakan. Software dibuat untuk membantu masalah yang sifatnya umum karena itu
sangatlah wajar kalau software ini tidak dapat memenuhi kebutuhan yang
spesifik. Berikut ini beberapa contoh aplikasi:
(c) MS
Office
c. Manusia (Brainware)
Manusia
mempunyai tugas yang berbeda-beda pada komputer, ada yang bertugas sebagai
perancang, pemrograman, dan ada sebagai pemakai. Menurut tugasnya, manusia
dapat dikelompokan menjadi:
(1) Perancang
dan penganalisis
Bertugasmerancang sistem baru atau
sistem yang sudah ada untuk diperbaiki.
(2) Programmer
Orang yang membuat program sesuai
spesipikasi yang diberikan.
(3) Operator
Orang yang menjalankan program.
(4) Teknisi
Orang yang bertugasmelakukan perawatan dan perbaikan
hardware yang mengalami kerusakan.
3. Peran dan manfaat
multimedia dalam meningkatkan profesi
Pengertian
Multimedia dapat berbeda dari sudut pandang orang yang berbeda. Secara umum,
multimedia berhubungan dengan penggunaan lebih dari satu macam media untuk
menyajikan informasi. Misalnya, video musik adalah bentuk multimedia karena
informasi menggunakan audio, suara dan video. Berbeda dengan rekaman musik yang
hanya menggunakan audio/ suara sehingga disebut monomedia (Munir, 2012)
Berikut ini adalah
kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu
pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
a. Multimedia
membuat pelajar mengerti isi pelajaran,
b. Multimedia
membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran,
c. Multimedia
menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan,
d. Multimedia mampu
menjadi sumber pengetahuan,
e. Multimedia mampu
mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain,
f. Multimedia mampu
menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan,
g. Multimedia kaya
dengan berbagai aktivitas pembelajaran,
h. Multimedia mampu
menghibur selama proses pembelajaran,
i. Multimedia
membuat terjadinya interaksi antara siswa dengan teknologi terkini,
j. Multimedia
memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran,
k. Multimedia
membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan,
l. Multimedia
memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswa diberi
kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai
dengan diri sendiri.
4. Manfaat Internet
Fungsi utama internet
adalah media untuk komunikasi dan pertukaran informasi. E-mail memungkinkan
kita mengirim surat dan file jenis lain kepada para pengguna internet. Ada juga
“newsgroup” yang memungkinkan orang mendiskusikan beragam hal. Program “chat”
membuat kita bisa berkomunikasi dengan orang lain secaralangsung, seperti
telepon Cuma dalam bentuk tertulis. Lalu ada aktivitas sehari-hari yang dapat
dilakukan seperti membeli buku atau mencari lowongan kerja.
Sedangkan manfaat
internet bagi profesi saya sebagai pendidik yaitu bahwa internet bisa digunakan
sebagai alat atau media dalam membantu proses belajar-mengajar secara daring. Contohnya
menggunakan internet untuk membuka situs media sosial seperti facebook. Dimana guru
bisa memanfaatkan facebook sebagai media untuk berkomunikasi dengan peserta
didik didalam maupun diluar jam pelajaran, guru juga bisa menggunakan media
sosial tersebut sebagai sarana pengumpulan tugas siswa.
Adapun dampak negatif
dari perkembangan internet yaitu bahwa internet bisa digunakan untuk melakukan
kejahatan secara online, menampilkan situs yang berbahaya bagi anak-anak yang belum
cukup umur.
Manfaat blog bagi guru
bisa berguna sebagai media pengganti papan tulis atau buku. Dimana guru bisa
menampilkan materi yang diajarkan kepada siswa yang bisa diakses melalui komputer
atau smartphone. Blog juga bisa dipakai untuk bisnis dalam mempromosikan produk yang mau kita jual secara online.
SUMBER:
Budi, R. Damorez Setiar. "Buku Pintar Internet". Surakarta. Al-Hikmah
Darmawan, D. (2013). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda.
K, Elfan Rahardian. "Pemanfaatan Internet Dan Dampaknya Pada Pelajar Sekolah Menengah Atas Di Surabaya". http://journal.unair.ac.id
No comments:
Post a Comment