Thursday, May 10, 2018

Saatnya Manjakan Komputermu,,

       Cara untuk memanjakan komputer yaitu dengan memperhatikan bagian hardware/ perangkat keras dan software/ perangkat lunak. Perangkat keras perlu dirawat supaya komponen-komponen dalam komputer tidak mudah ruksak secara fisik sedangkan perangkat lunak dirawat supaya terhindar dari virus dan data-data yang tidak diperlukan dalam komputer yang mengakibatkan komputer anda lag, atau rusaknya sistem operasi. Maka dari itu, berikut adalah cara merawat komputer melalui perangkat lunak dan perangkat keras:

A. Merawat Perangkat Lunak Komputer:
Untuk merawat perangkat lunak bisa dilakukan dengan membersihkan, merapihkan data atau memasang anti virus dalam komputer.
1. Bersihkan data komputer yang ada pada komputer. Bisa menggunakan aplikasi bawaan seperti Disk Clean Up atau memasang aplikasi pembersih komputer lainnya seperti C Cleaner. C Cleaner adalah software yang digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry. Salah satu fitur penting program ini adalah tersedianya perkakas untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh perangkat peramban di internet. 


Berikut cara instalasai dan penggunaan C Cleaner:
a.  Kalau belum punya aplikasinya, maka download terlebih dahulu,
https://www.ccleaner.com/ccleaner/download
b. Buka file C Cleaner yang sudah di download, lalu Instal dengan klik 2 kali pada file tersebut,
c. Klik tombol “instal”,

d. Klik tombol “RunCleaner”, lalu tunggu sampai program C Cleaner terbuka,

e. Setelah aplikasi terinstal, maka tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah ini, lalu klik tombol “analize” untuk menganalisis data yang perlu dibersihkan pada komputer anda,


f. Setelah proses analisis selesai, pilih tombol “run cleaner” untuk emebersihkan data pada komputer,

g. Proses pemebersihan selesai.


2. Merapihkan data pada komputer. Merapihkan data pada komputer bisa menggunakan Defragment yang merupakan aplikasi bawaan Windows.
3. Pasang antivirus pada komputer anda. Anda bisa menginstal antivirus seperti Smadav sebagai antivirus lokal, atau Avira sebagai antivirus global. Lalu lakukan proses scanning secara berkala. 
4. Backup aplikasi anda jika ada versi terbaru, seperti backup flash player, backup antivirus, atau backup aplikasi driver lainnya jika dibutuhkan.

B. Merawat Perangkat Keras Komputer:
1. Menggunakan stabilizer dan UPS supaya tegangan listrik yang mengalir ke komputer anda stabil, karena tegangan listrik yang tidak stabil atau tegangan yang terlalu tinggi bisa meruksak perangkat keras komputer anda.
2. Jangan mematikan komputer anda secara paksa, artinya mematikan komputer dengan menekan tombol power. Maka matikan komputer anda sesuai dengan aturannya, yaitu dengan meng-klik start-shutdown-kemudian tunggu sampai mesin komputer anda benar-benar mati, setelah itu cabutlah sambungan kabel komputer anda.
3. Simpan ditempat yang teduh atau hidari dari sengatan matahari secara langsung.
4. Hindari menaruh benda cair dekat komputer, karena cairan bisa meruksak perangkat keras komputer.
5. Hindari menaruh benda yang mempunyai sifat magnet dekat dengan komputer, karena benda yang mengandung unsur magnet bisa meruksak komponen komputer. Contoh menaruh komputer dekat dengan handphone dalam waktu lama.
6. Simpan di tempat tertutup dan bersih, karena debu dari luar bisa menghambat atau menutupi sirkulasi udara yang ada pada komputer, jika sirkulasi udara tertutup, maka komputer bisa cepat panas. Selain itu, simpan di tempat yang terhindar dari serangga –serangga yang memungkinkan masuk kedalam komponen komputer.
7. Selanjutnya, bersihkan komponen komputer/ perangkat keras anda secara berkala. 

No comments:

Post a Comment