Thursday, April 26, 2018

INTERNET

TINJAUAN PUSTAKA

A.    Pengertian Internet
     Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya di seluruh dunia (Munir, 2015). Menurut Darmawan (2013) “Internet merupakan suatu sistem jaringan komunikasi jarak jauh yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik dengan kekuatan dan kapasitas yang ditentukan oleh besar kecilnya byte”. Internet merupakan singkatan dari International Networking. “Internet adalah kumpulan luas dari jaringan komputer yang saling terhubung di seluruh dunia, mulai dari komputer kecil (personal computer) di rumah-rumah sampai komputer besar di perusahaan-perusahaan”. Sedangkan menurut Triastuti (2009), internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya di seluruh dunia dengan menggunakan protokol standar TCP (Transmission Control Protocol)/ IP (Internet Protocol). Kemudian menurut Budi (2010), internet dapat diartikan sebagai suatu sambungan-sambungan/ atau hubungan antar personal komputer baik di rumah-rumah, perusahaan, maupun lembaga pemerintahan. Selanjutnya menurut Daryanto (2004), bahwa internet merupakan hubungan antar berbagai komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya. Dari beberapa teori diatas dapat disimpulkan bahwa internet adalah penghubung satu komputer dengan komputer lainnya baik di rumah-rumah, perusahaan, maupun lembaga pemerintahan di seluruh dunia yang terkoneksi jaringan melalui TCP/IP dengan sistem operasi dan aplikasi yang sama atau berbeda.  

B.  Fasilitas Internet
          Ada begitu banyak pelayanan atau fasilitas yang disediakan di internet, menurut Budi (2010) seperti kita dapat mengakses informasi yang dibutuhkan, mengirim surat, berkomunikasi dengan teman, bahkan membantu kita dalam pengiriman file-file, gambar, hingga film. Agar mendapat informasi di internet sesuai dengan keinginan kita dengan cepat dan mudah, kita harus dapat membedakan fungsi pelayanan yang ada di internet serta istilah-istilah yang digunakan dalam akses internet. Sedangkan fasilitas internet menurut Munir (2015) adalah sebagai berikut:
1.  Surat elektronik atau dikenal dengan sebutan e-mail,
2.  Penyelusuran world wide web (www) dengan sebuah browser,
3.  Berpartisipasi dalam sebuah usenet newsgroup atau sebuah diskusi secara online,
4.  Mentransfer file,
5.  Browsing dengan menggunakan search engine untuk menemukan file yang dibutuhkan,
6.  Penyelusuran sebuah direktori file,
7.  Penyelusuran WAIS (Wide Area Information Service) atau Layanan Informasi Wilayah Luas.

C. Istilah Dalam Internet
          Budi (2010) menyatakan bahwa dalam mengakses internet kita akan banyak menemukan istilah-istilah baru di dalamnya. Namun tidak mungkin semua istilah itu dibahas, berikut beberapa istilah dalam internet yaitu: (1) Internet: sejumlah besar network yang membentuk jaringan interkoneksi yang terhubung melalui protokol TCP/IP, (2) LAN: Local Area Network yaitu jaringan komputer yang saling berkomunikasi dalam area tertentu, (3) MAN: Metropolitan Area Network yaitu jaringan komputer dengan jangkauan geografis antara 10 km sampai 50 km, (4) WAN: Wide Area Network yaitu jaringan komputer yang saling berkomunikasi antar-benua melewati batasan geografis negara, (5) ISP: Internet Service Provider yaitu suatu organisasi atau perusahaan yang melayani jasa internet.


D. Manfaat Internet
           Internet mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Berikut adalah manfaat internet menurut Sutisna (2007): (1) Referensi Tulisan. Melalui internet pengguna bisa mengoleksi tulisan dari berbagai bidang keilmuan. Tulisan tersebut berupa berita, makalah, skripsi, disertasi, atau buku lengkap yang diperoleh secara gratis. (2) Basis Data. Banyak jenis data yang disediakan oleh internet, mulai dari katalog buku, arsip surat kabar dunia, daftar perguruan tinggi di dunia, dan lain-lain. (3) Gambar atau Citra. Mengoleksi foto-foto di bulan atau di angkasa luar bukan hal yang sulit dengan adanya internet. Terdapat jutaan gambar di internet yang bisa kita dapatkan dengan cuma-cuma. (4) Program Komputer. Ingin mempunyai program kamus Bahasa Inggris lengkap, tinggal download. Masih banyak program lainnya yang bermanfaat. (5) Data Suara. Berbagai jenis lagu dari negara lain yang didapat di internet. (6) Data Video. Dari internet pengguna bisa menonton film dan video bahkan mengambilnya secara cuma-cuma.
        Sedangkan menurut Raharjo (2008), ada beberapa manfaat lain dari pengguna internet, yaitu: (1) Komunikasi interaktif: Internet memungkinkan terciptanya komunikasi yang cepat antara seorang pengguna dengan pengguna lainnya tanpa mengenal batas ruang dan waktu, selain hal tersebut internt juga dapat menghemat biaya komunikasi yang dikeluarkan. Aplikasi pada internet yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi adalah sebagai berikut: e-mail, video, conferencing, internet relay, dan internet phone. (2) Askes ke pakar: Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Seorang pengguna ataupun mahasiswa dapat dengan mudah belajar kepada para ahli pada bidang ilmu tertentu. Para ahli banyak yang dengan senang hati menjawab pertanyaan yang dikirimkan oleh audiens. (3) Akses ke perpustakaan: Koleksi perputakaan tidak terbatas lagi pada koleksi buku dan jurnal tercetak, akan tetapi telah menjadi pusat penyebaran informasi maupun pangkalan data penelitian dan aktivitas yang ada di universitas.



REFERENSI:

Budi, R. Damorez Setiar. (2010). Buku Pintar Internet. Surakarta. Al-Hikmah.
Darmawan, D. (2013). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda.
Daryanto. (2004). Memahami Kerja Internet. Bandung: Yrama Widya.
Munir. (2015). Multimedia: Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Raharjo, B. (2000). Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet. Bandung: PT. Insan Komunikasi Indonesia. 
Sutisna, Dadan. (2007). Belajar Mudah Menggunakan Internet. Bandung: CV Citra Karya Utama Press.
Triastuti, Yuli. (2009). Jago Internet untuk Pemula. Jakarta: Cakrawala.

No comments:

Post a Comment