Thursday, March 29, 2018

Teknologi Augmented Reality Pada Handphone

     Teknologi Augmented Reality (AR) sangat cepat berkembang, adalah teknologi yang menggabungkan benda maya 2 dimensi atau 3 dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut kedalam lingkungan nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

     Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan indranya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. informasi ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.

     Augmented reality dapat diaplikasikan untuk semua indra, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. selain digunakan dalam bidang-bdang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam/ handphone.

     Ronald T. Azuma mendefinisikan augmented reality sebagai penggabungan benda-bendamaya dan nyata di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata dan terdapat integrasi antarbenda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata. penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang banyak memerlukan penjejakan yang efektif.

     Selain menambahkan benda maya dalam lingkungan nyata, juga berpotensi menghilangkan benda-benda yang sudah ada. Menambah sebuah lapisan gambar maya dimungkinkan untuk menghilangkan atau menyembunyikan lingkungan nyata dari pandangan pengguna. Misalnya, untuk menyembunyikan sebuah meja dalam lingkungan nyata, perlu digambarkan lapisan representasi tembok dan lantai kosong yang diletakkan di atas gambar  meja nyata, sehingga menutupi meja nyata dari pandangan pengguna.

     Perangkatnya seperti head mounted display, opaque head-mounted display, see-through head-mounted display, virtual retinal display, tampilan berbasis layar. penggunaannya untuk kesehatan, manufaktur dan reparansi, hiburan, pelatihan militer dan navigasi telepon genggam.

Dalam smartphone, salah satu contohnya seperti gambar dibawah ini.
     Dimana gambar yang sudah diwarnai dalam bentuk 2 dimensi dapat diproyeksikan oleh handphone  lalu diterjemahkan dalam bentuk 3 dimensi pada layar hanphone, tentunya warna yang tampi pun sesuai dengan apa yang kita warnai pada gambar tersebut. berikut adalah contoh video yang saya coba untuk melakukan parktik augmented reality pada handphone dengan menggunakan aplikasi chromeville.

Sumber:
Wikipedia
chromeville.com

No comments:

Post a Comment