Thursday, March 15, 2018

Guru Dan Komputer Dalam Pembelajaran


      Guru mempunyai tugas untuk memanusiakan manusia dengan cara yang manusiawi. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), guru merupakan orang yang pekerjaannya, mata pencahariannya dan profesinya mengajar. Sedangkan menurut Undang-Undang No. 14 Tahun 2005, Guru dan Dosen merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Dalam melaksanakan tugas, guru memerlukan media yang bisa mempermudah dalam penyampaian pesan kepada siswa supaya proses belajar-mengajar bisa lebih efektif dan efisien. Salah satu media yang bisa digunakan oleh guru adalah dengan memanfaatkan media komputer.

     Komputer berasal dari bahasa Inggris to compute yang berarti menghitung/ alat hitung. Komputer dapat didefinisikan sebagai peralatan elektronik yang bekerja secara koordinatif dan integratif berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data, mengolah dalam memori dan menampilkan hasil berupa informasi (Darmawan, Deni). Yang dimaksud dengan komputer adalah suatu sistem perangkat elektronik yang memiliki tujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna (Wimatra, dkk). Seiring dengan berkembangnya teknologi, komputer tidak hanya berperan sebagai mesin yang berguna untuk kebutuhan industri saja, akan tetapi sekarang bisa diterapkan didalam pembelajaran. 

    Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menginisiasi, memfasilitasi dan meningkatkan intensitas dan kualitas belajar pada diri peserta didik. Menurut Gagne, Briggs dan Wager dalam buku Winataputra, pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa.

    Hubungan antara guru dan komputer dalam pembelajaran dapat dinyatakan sebagai alat bantu untuk mempermudah proses belajar-mengajar yang lebih efektif dan efisien. Menurut Gagne dan Briggs, komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena mempunyai fungsi: (1) Hubungan interaktif "Komputer dapat menjebatani hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media". (2) Pengulangan "Pengguna komputer terutama mahasiswa atau guru dan dosen dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video atau microsoft office". (3) Feedback dan Reward "Dengan komputer guru atau dosen dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja pujian kepada mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saran dan pujian ini dapat disampaikan secara online dan seketika sehingga mahasiswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan dan pujian tersebut yang tentunya dapat memotivasi untuk meningkatkan potensi diri terutama dalam pembelajaran". 

Daftar Pustaka:
- Darmawan, Deni. 2013. Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi: Teori Dan Aplikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Winataputra, Udin S. dkk. 2008. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

No comments:

Post a Comment