Thursday, March 29, 2018

Microsoft Office 2016


     Microsoft Office 2016 adalah versi dari paket aplikasi perkantoran Microsoft Office, menggantikan kedua Office 2013 dan Office untuk Mac 2011. Ini dirilis untuk OS X pada tanggal 9 Juli 2015 untuk pelanggan Office 365. Tanggal rilis resmi untuk Microsoft Office 2016 adalah 22 September 2015Sebuah rilis pratayang untuk versi Windows diumumkan pada konferensi Ignite di Chicago pada bulan Mei 2015 dan dalam versi beta tersedia untuk pengguna Office 365 untuk mencoba atau untuk mengunduh sebagai percobaan beta.

     Fitur baru dalam rilis Windows termasuk kemampuan untuk membuat, membuka, menyunting, dan menyimpan berkas di awan langsung dari desktop, alat pencarian baru untuk perintah yang tersedia di Word, Power Point, dan Excel bernama "Tell Me" yang berfungsi untuk mencari perintah langsung terutama untuk memperbaiki atau memperbaharui dokumen tanpa rumit mencari perintah di masing-masing jendela 'tab' yang dapat memakan waktu yang cukup lama atau membantu pengguna yang lupa untuk mencari perintah langsung secara mudah, serta menulis bersama secara 'real-time' dengan pengguna yang terhubung ke Office Online atau siapapun yang ingin membagikan kepada pengguna tertentu setelah menyimpan berkas di awan. Fitur yang lebih menarik yang sangat membantu adalah "Smart Lookup", fitur yang didukung oleh Bing untuk memberikan informasi kontekstual dari web serta definisi kata yang terdapat di situs, serta ditambah jenis grafik baru terutama untuk Excel (seperti treemap, grafik sunburst (juga dikenal sebagai grafik cincin), grafik air terjun, plot kotak dan histogram), dan fitur pencegahan kehilangan data di Word, Excel, PowePoint.

     Sedangkan fitur baru dalam rilis Mac termasuk antarmuka pengguna yang diperbaharui menggunakan pita, dukungan untuk Retina Display dan fitur berbagi untuk dokumen Office. Di Word ada tab Design baru, fitur Insights yang didukung oleh Bing dan penulisan bersama secara real time. Dalam Excel ada fitur Recommended Charts dan PivotTable Slicers. Dalam Power Point ada varian tema yang menyediakan skema warna yang berbeda untuk tema. Di Outlook ada fitur Propose New Time, kemampuan untuk melihat kalender berdampingan dan ramalan cuaca dalam tampilan kalender. Outlook 2016 untuk Mac memiliki dukungan yang sangat terbatas untuk sinkronisasi layanan kolaborasi di luar surel dasar.

     Kemudian desain antarmuka pengguna Office 2016 relatif tidak berubah dari pendahulunya, Office 2013. Ini mempertahankan desain datar yang diperkenalkan bersama dengan bahasa desain microsoft, meskipun beberapa modifikasi untuk tata letak yang dibuat, agar sesuai dengan desain Microsoft Office Mobile. Office 2016 memiliki tiga tema. Tema default, yang dikenal sebagai "warna-warni", memiliki warna pekat pada sisi atas pita, sesuai dengan warna dari aplikasi Office yang digunakan, misalnya, biru tua pekat menonjol dalam Microsoft Word. Tema telah digambarkan sebagai berguna dalam membuat judul tab lebih berbeda. Selain itu, kedua tema "putih" dan "abu-abu gelap" dari Office 2013 tersedia juga, meskipun, tidak ada latar belakang baru telah ditambahkan, atau latar belakang yang ada telah dihapus.
Berikut ini adalah video review tentang Microsoft Office 2016:





https://www.youtube.com/watch?v=EeSN4tL6jpA


Berikut adalah beberapa aplikasi yang terdapat pada Microsoft Office yang sering digunakan pengguna:
A. Microsoft Word
     Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS, Apple Maintos, SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft WIndows. Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2013 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word.
     Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Ricard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai. Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga Wordstar.
     Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-MouseWord processor berbasis DOS lain, seperti Wordstar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.

B. Microsoft Power Point
     Microsoft PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk persentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis Sistem Operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintos yang menggunakan Sistem Operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office sistem 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013..
     Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).
     PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan EntranceEmphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).


C. Microsoft Excel

     Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.


D. Microsoft Access

     Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
     Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/ programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

No comments:

Post a Comment