Thursday, March 8, 2018

Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Produktif "Desain Grafis"

      Desain grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat, (Jessica Helfandi).

      Teknologi merupakan suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan tersebut dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa teknologi merupakan suatu bagian dari sebuah integral yang terdapat didalam suatu sistem tertentu, (Miarso, 2007). Sedangkan teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirim informasi dalam bentuk elektronis, (Lucas, 2000).

      Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang trtel memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan dalam proses pembelajaran. Maka para pendidik bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk kegiatan belajar-mengajar supaya lebih efektif dan efisien. Interaksi antara pendidik dan peserta didik tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka saja, tetapi bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai media seperti: smartphone, komputer, e-mail, media sosial dan lain sebagainya. Dimana guru bidb memberikan layanan kepada peserta didik tanpa harus berhadapan langsung atau tidak harus terus menerus berhadapan langsung.

      Berikut adalah salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran "Desain Grafis: Membuat Logo":
1. Pendidik memberikan penjelasan mengenai teori yang akan dipraktekkan,
2. Pendidik memberikan contoh tentang cara membuat logo secara langsung kepada peserta didik. Kalau peserta didik masih bingung atau tertinggal, maka peserta didik bisa melihat penjelasan dari pendidik yang sudah disediakan melalui media teknologi, salah satu contohnya adalah media website online "YouTube", https://www.youtube.com/watch?v=RI-WN-hOcOg&spfreload=10
3. Kemudian peserta didik mengirim hasil belajarnya melalui e-mail atau media sosial "Facebook" digroup khusus yang telah disediakan oleh pendidik.
4. Kemudian pendidik bisa memberikan tanggapan atas apa yang telah dikerjakan oleh peserta didik.


      Demikian salah satu pengaruh teknologi dalam pembelajaran yang saya lakukan selama kegiatan belajar-mengajar. Semoga bermanfaat, dan jika ada kekurangan, mohon kita perbaiki bersama. Terimakasih.

1 comment: