Tuesday, September 19, 2017

Konsep Algoritma

Istilah Algoritma sebernarnya berasal dari kata "algorism" yang merupakan panggilan populer bangsa Eropa terhadap seorang ahli Matematika muslim dari Jazirah Arab bernama Abu Muhammad Ibnu Al-Khwarizmi yang hidup di abad ke-19. Namun dalam perkembangannya, istilah "algorism" berubah menjadi "algorithm" karena keterkaitan dengan istilah dalam matematika. Beliau terkenal dalam berbagai karya tulisnya tentang bagaimana memecahkan dan menguraikan setiap permasalahan dalam hitungan menggunakan alur pikirian yang sistematis. Pada perkembangannya, konsep pemikiran Al-Khwarizmi dalam menguraikan dan memecahkan permasalahan secara logis dan matematis ditetapkan secara keilmuan sebagai sebuah metode algoritma dalam menjalankan proses kerja mesin komputer.

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Perhatikan contoh bagaimana menghasilkan dua gelas campuran kopi susu dari sebuah gelas kopi dan segelas susu.



Langkah-langkah logis yang dapat dijalankan adalah sebagai berikut:
1. Persiapkan segelas kopi dan segelas susu

2. Siapkan sebuah gelas kosong

3. Tuangkan setengah gelas kopi ke dalam gelas kosong

4. Tuangkan setengah gelas susu ke dalam gelas kosong hingga menjadi satu gelas penuh

5. Sisa susu pada gelas dituangkan ke dalam gelas kopi sehingga menjadi satu gelas penuh

6. Hasil akhirnya adalah dua gelas campuran kopi susu dan satu gelas dalam kondisi kosong.


Meskipun persoalan diatas adalah sangat sederhana, mesin komputer tidak bisa menerjemahkan seperti halnya pemikiran manusia sehingga diperlukan sebuah urutan langkah sistematis untuk mengkonversinya menjadi langkah yang lebih sederhana dan terurut. Mesin komputer merupakan mesin kalkulator modern yang sebenarnya hanya melakukan proses aritmatika dua jenis bilangan, yaitu 0 dan 1 (biner). Karena ketelitian dan kehandalannya dalam melakukan proses computing secara berulang-ulang, komputer berkembang menjadi peralatan canggih dan super cepat. Algoritma berperan penting dalam menerjemahkan perintah yang di-input-kan manusia kedalam komputer menjadi bahasa yang dapat dimengerti oleh mesin.



No comments:

Post a Comment