Saturday, November 4, 2017

BAHASA PEMROGRAMAN

Bahasa memiliki pengertian sebagai sarana berkomunikasi, dalam hal ini adalah komunikasi antara pengguna (manusia) dengan mesin komputer. Program adalah daftar atau deretan perintah atau instruksi yang dikenal oleh mesin komputer dalam mengerjakan suatu proses. Jadi, bahasa pemrograman adalah sebuah bahasa yang menerjemahkan perintah yang diberikan oleh pengguna dalam susunan instruksi berupa kode-kode terstruktur kepada mesin komputer untuk mengerjakan suatu proses tertentu. Bahasa pemrograman memiliki beberapa karakteristik, yaitu:

1. memiliki tata bahasa dengan aturan khusus dalam pendeklarasiannya.
2. memiliki interrupt library untuk menerjemahkan perintah yang diinputkan, dan
3. menggunakan interpreter atau compiler untuk menerjemahkan sintaks pemrograman ke dalam bahasa mesin.
Berdasarkan penggunaannya, ada dua kategori bahasa pemrograman yaitu:
1. bahasa pemrograman untuk tujuan umum adalah jenis bahasa pemrograman yang dapat dipergunakan untuk menciptakan aplikasi yang bersifat general atau umum, seperti C++, Visual Basic, Pascal, Java, PHP, Delphi, dan sebagainya.
2. bahasa pemrograman untuk tujuan khusus adalah jenis bahasa pemrograman yang dibuat untuk keperluan tertentu, seperti COBOL untuk keperluan bisnis dan administrasi, FOTRAN untuk komunikasi ilmiah, Assembler untuk pengontrolan hardware dan Prolog untuk Artificial Intelegence (kecerdasan buatan).

No comments:

Post a Comment