Thursday, August 31, 2017

MEMILIH APLIKASI UNTUK SERVER (Part 2)

MENGADMINISTRASI SERVER DALAM JARINGAN
I. Memilih Aplikasi Untuk Server
B. Jenis Aplikasi Server
Saat ini, ada dua jenis aplikasi server yang dapat digunakan untuk mendukung layanan sistem dalam jaringan, yaitu:

1. Licensed Applikcation
Aplikasi yang berbayar. Ketika kita menggunakan aplikasi ini, kita harus membeli atau mebayar lisensi software tersebut kepada vendor pembuatnya.
2. Free Aplication (Open Source)
Aplikasi yang dapat diperoleh secara gratis yang mempunyai penjelasan bahwa pembuat aplikasi ini memberikan kebebasan kepada semua orang untuk menggunakan dan bahkan melakukan modifikasi terhadap source code dari aplikasi tersebut.

Penggunaan aplikasi dalam sebuah server tergantung dari kebutuhan user sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Berikut ini beberapa macam aplikasi yang menyediakan layanan dalam sebuah jaringan, seperti:
1. DNS Server
DNS server merupakan sebuah penyedia layanan yang memiliki fungsi untuk menerjemahkan alamat IP menjadi alamat Fully Qualified Domain Name (FQDN) atau yang lebih dikenal sebagai alamat URL, yaitu alamat sebuah situs. Hal ini bertujuan untuk mempermudah user dalam mencari sebuah host tertentu dengan mengetik sebuah alamat URL, seperti www.google.com, daripada mengingat ribuan alamat host (IP address), seperti 66.205.22.126. 
2. Web Server
Web server merupakan sebuah penyedia layanan terhadap permintaan atau request yang dikirimkan klien meggunakan protokol HTTP atau HTTPS dari internet browser application (Mozilla, Internet Explorer, Safari, Opera) melalui port 80, 8080, 443. Beberapa web server di dunia yang cukup populer adalah Apache, ASP server dan CGI.
3. Database server
Database server merupakan sebuah penyedia layanan server yang mengatur penyimpanan dan pengelolaan data secara terstruktur (DBMS) pada sebuah jaringan yang bertujuan untuk melayani permintaan klien dalam aktivitas manipulasi data (data manipulation) seperti insert, delete dan update data berdasarkan perintah (query) yang dikirimkan oleh klien.
4. Samba Server
Samba server merupakan server berbasis protokol smb yang digunakan oleh OS platform Linux, Unix, maupun BSD untuk menyediakan layanan sharing data dan printer pada jaringan lokal sehingga memungkinkan komputer berbasis Windows dan Linux saling mengakses data secara bergantian. Biasanya aplikasi yang digunakan untuk server UNIX Family adalah Samba.
5. FTP Server
FTP server merupakan kependekan dari File Transfer Protocol Server, yaitu server yang memungkinkan terjadinya pertukaran data dalam jaringan skala luas seperti internet. FTP juga mendukung berbagai platform data seperti Mp3, Doc, Pdf dan lainnya.FTP bekerja pada layer transport dalam melakukan proses transmisi datanya.
6. DHCP Server
DHCP server merupakan sebuah sistem layanan server yang digunakan untuk menyediakan IP address bagi komputer klien secara otomatis dengan tujuan mempermudah pengaturan pengalamatan IP pada sisi klien. IP yang diberikan ke komputer klien bersifat dinamis, artinya dapat berubah-ubah tergantung dari konfigurasi server.
7. Firewall Server
Firewall server merupakan server yang menjadi palang pintu dan penghubung utama jaringan lokal dengan jaringan diluarnya. server ini menjalankan beberapa aturan firewall seperti nat, masquerade dan filter untuk mengatur keluar masuknya data dari dan ke jaringan luar. FUngsi yang paling sering digunakan adalah proses routing dan berbagi pakai sambungan internet.
8. Proxy Server
Proxy server merupakan server intermediary (penengah) untuk melayani permintaan dari klien untuk mencari resource dari server lainnya. Server ini biasanya bekerja menjadi satu dengan mesin gateway. Proxy memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
- Mempercepat akses ke situs internet yang pernah dibuka klien.
- Manajemen bandwith.
- Memblokir beberapa situs berbahaya.
- Caching (kegiatan menyimpan data yang relatif statis dalam cache (memori sementara) dan mengambilnya dari cache bila diperlukan untuk meningkatkan performa aplikasi web).
- Memblokir banner.
- Memfilter spam dan virus yang bisa masuk ke jaringan.
- Autentifikasi user.

No comments:

Post a Comment