Friday, June 1, 2018

Membuat M-Learning Menggunakan Aplikasi I-Spring Suite 8



Quinn (dalam sadikin, 2012) mendefinisikan Mobile Learning sebagai berikut: “... The intersection of mobile computing and e-learning: accessible resources wherever you are, strong search capabilities, rich interaction, powerful support for effective learning, and performance-based assessment. E-learning independent of location in time or space”. Mobile Learning dan E-Learning merupakan sumber yang  mudah didapat dimanapun peserta didik berada, kemampuan pencarian yang kuat, sangat interaktif, bantuan yang sangat kuat untuk pembelajaran yang efektif, dan penilaian yang didasarkan pada perbuatan. Sedangkan menurut Darmawan (2013), M-Learning adalah salah satu alternatif bahwa layanan pembelajaran harus dilaksanakan dimanapun dan kapanpun.
Salah satu model dalam multimedia yang berkembang adalah penggunaan Mobile Learning dikarenakan hampir semua peserta didik sudah memanfaatkan telepon selular berbasis android (smartphone), hal ini bisa dimanfaatkan untuk proses pembelajaran sehingga peserta didik bisa belajar dimanapun dan kapanpun dengan aplikasi yang sudah terinstal di smartphone masing-masing peserta didik.
Dalam pembuatan media pembelajaran M-Learning caranya tidak berbeda jauh seperti postingan saya sebelumnya yaitu "MEMBUAT MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) DENGAN MENGGUNAKAN I-SPRING SUITE 8" tapi yang membedakannya adalah cara pengaturan "publish" pada aplikasi  I-Spring Suite 8. Ok, Langkah-langkahnya sebagai berikut:
A. Lakukan langkah pengerjaan sampai point ke-9 pada link ini klik disini,
B. Jika sudah sampai langkah ke-9, maka selanjutnya tinggal pengaturan "Publish",
  1. Pilih "Publish", lalu sesuaikan pengaturan seperti gambar dibawah ini, 
      "CD->Output Options: Mobile HTML5"
  2. Pilih "Costomize" sehingga tampil seperti gambar dibawah ini,
       Templates->Current:Presentation->Apply&Close->Publish
C. Lalu, jika hasil publish berhasil, buka Folder tempat anda menyimpan hasil publish tersebut, kemudian copy/ salin ke dalam handphone android anda, misal: dalam hp android simpan di folder document/ download,

 

D. Sesudah file tersebut disimpan di handphone android, buka tempat penyimpanan lalu pilih "index.html", maka akan muncul seperti tampilan berikut:
OK, sekian penjelasan tentang "Membuat M-Learning Menggunakan Aplikasi I-Spring Suite 8", jika ada pertanyaan silahkan komentar di postingan ini, berikut saya tambahkan sedikit video demo  aplikasi M-Learning saat dijalankan di handphone,
klik disini 

No comments:

Post a Comment